Timnas Prancis Masuk Semifinal ‘Tanpa’ Cetak Gol

Bola Rakyat – Timnas Prancis sukses melaju ke semifinal Euro 2024 usai menyingkirkan Portugal lewat adu penalti. Berikut catatan menarik dari pertandingan ini.

Prancis menghadapi Portugal dalam laga 8 besar yang digelar di Volksparkstadion, Hamburg pada Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB. Les Bleus memenangkan laga ini via adu penalti dengan skor 5-3.

Read More

Baik Portugal dengan Cristiano Ronaldo maupun Prancis dengan Kylian Mbappe sama-sama gagal mencetak gol di sepanjang 120 menit waktu normal plus extra time. Pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Prancis sukses keluar menjadi pemenang setelah mengungguli Portugal di babak adu penalti. Joao Felix gagal menjalankan tugasnya dengan sempurna dan menyebabkan Portugal kalah.

Berkat hasil ini, Prancis berhak lolos ke babak semifinal. Mereka akan menghadapi Spanyol yang sebelumnya menyingkirkan Jerman.

Sejumlah catatan istimewa ditorehkan selepas pertandingan Portugal melawan Prancis. Berikut ini adalah perinciannya.

Catatan Menarik Duel Timnas Portugal vs Timnas Prancis

1. Prancis akan bermain di semifinal Euro keenam mereka. Hanya Jerman (8) yang pernah bertanding lebih banyak.

2. Prancis kini telah mencapai setidaknya semifinal di empat dari lima turnamen besar terakhir (Piala Dunia/Euro), dan hanya gagal di Euro 2020 (babak 16 besar). Ini setidaknya dua kali lebih banyak semifinal daripada negara Eropa lainnya sejak Euro 2016 (Kroasia, Inggris, Spanyol semuanya 2).

3. Setelah hanya tersingkir dari dua dari delapan perempat final turnamen besar pertama mereka (Piala Dunia/Euro), Portugal telah tersingkir di babak ini di Piala Dunia 2022 dan Euro 2024.

4. Tidak termasuk penalti dan gol bunuh diri, Prancis belum mencetak gol dalam lima pertandingan mereka di Euro 2024.

5. Tidak ada tim yang pernah lebih lama tanpa gol seperti itu dalam sejarah turnamen. Les Bleus mencoba 86 tembakan non-penalti (7,25 xG non-penalti) tanpa mencetak gol dari satu pun di final tahun ini.

Catatan Menarik Duel Portugal vs Prancis

6. Portugal telah menjalani tiga pertandingan tanpa mencetak gol untuk pertama kalinya sejak empat pertandingan dari Desember 1996 hingga Maret 1997.

7. Terjadi 35 tembakan dalam pertandingan ini antara Portugal (15) dan Prancis (20). Itu terbanyak dalam pertandingan yang berakhir 0-0 di Euro sejak Inggris v Italia di perempat final 2012 (45).

8. Empat dari lima pertemuan antara Prancis dan Portugal di Euro berakhir dengan perpanjangan waktu – satu-satunya pertandingan dalam sejarah turnamen yang melampaui 90 menit reguler lebih dari dua kali.

9. Ini adalah pertandingan Euro kedua yang tercatat (sejak 1980) yang tidak tercipta satu pun tembakan dari dalam kotak penalti di babak pertama. Sebelumnya juga terjadi pada Prancis vs Portugal di semifinal Euro 1984.

10. Pemain pengganti di menit ke-67 Ousmane Dembele menciptakan lebih banyak peluang (6) daripada pemain lain mana pun dalam pertandingan ini.

11. Satu-satunya pemain lain yang mampu menciptakan peluang gol sebanyak itu setelah masuk dari bangku cadangan dalam pertandingan Euro sepanjang sejarah (sejak 1980) adalah Cesc Fabregas untuk Spanyol vs Rusia pada tahun 2008 (juga 6).

Related posts

Leave a Reply