Cerita Marc Marquez di dalam MotoGP Austria 2024: Bersenggolan, Tercecer ke Kedudukan 13, Akhirnya Bisa Finis Keempat

Cerita Marc Marquez di dalam di MotoGP Austria 2024: Bersenggolan, Tercecer ke Kedudukan 13, Akhirnya Bisa Finis Keempat

Jakarta – Marc Marquez bersenggolan dan juga sempat tercecer ke tempat ke-13 di balapan MotoGP Austria 2024 di area Sirkuit Red Bull Ring, Minggu, 18 Agustus. Namun, ia mampu bangkit kemudian akhirnya finis keempat.

Hasil itu nyaris menjadi penebusan baginya pasca gagal finis sebab tergelincir pada sprint race sehari sebelumnya.

Read More

Marquez mengungkapkan bahwa permasalahan telah menerpanya sebelum balapan MotoGP Austria dimulai. Ban motornya mendadak harus diganti.

“Hari ini kami kurang beruntung,” kata Marquez. “Sial, lantaran 30 menit sebelum start, ketika mekanik memeriksa tekanan ban, pentilnya rusak.”

“Dan kemudian, seperti yang dimaksud Anda lihat dalam gambar (TV), merekan berlari ke Michelin untuk mengganti ban ke pelek lain. Tapi selama prosedur itu, yang tersebut sangat bagus kemudian merekan melakukan pekerjaan dengan sangat baik, suhu ban turun drastis. Dan kemudian kekacauan itu menciptakan segalanya.”

“Maksud saya, pada lap (pemanasan), saya lebih banyak berkonsentrasi untuk meningkatkan suhu ban depan.” 

“Kemudian di tempat rute lurus terakhir, saya mengerem juga memasang perangkat depan dengan baik. Tapi kemudian saya mengerem lagi (untuk mencoba memanaskan ban depan) kemudian perangkatnya terlepas. Dan kemudian saya tiada memiliki kecepatan yang tersebut cukup (untuk kembali mengendarainya di area grid).”

Dalam balapan, rider Gresini menjalani start buruk namun mampu merangsek naik ke sikap kedua. Sayangnya, ia kemudian bersenggolan dengan Franco Morbidelli pada waktu mengerem kemudian turun ke sikap 13.

“Tanpa perangkat depan itu, sulit untuk melakukan start dengan baik. Tapi saya sangat tenang dalam tikungan pertama,” kata Marquez. “Saya berkata ‘Oke, saya akan mengerem lebih banyak awal agar tidaklah berlebihan lalu kita lihat sekadar nanti’. Tapi kemudian saya menerima kontak besar dari sisi kiri lalu kami melebar. Dan dari tempat ke-13, kami mulai selangkah demi selangkah.”

Apakah ia memiliki kecepatan yang tersebut memungkinkan naik podium? Marquez mengatakan, “Di Catalunya, kami finis ke-2 di area Sprint serta ke-3 di area GP, tetapi itu adalah salah satu akhir pekan terburuk bagi kami.”

“Akhir pekan ini adalah salah satu yang dimaksud terbaik: Perasaan dengan motornya, kecepatan ketika latihan, pada waktu latihan kualifikasi, ketika (tercepat di) pemanasan. Kamimeraih nol poin kemarin lalu tempat ke-4 hari ini. Tapi kecepatan yang saya nikmati akhir pekan ini sangat bagus serta masih ada.”

Marquez tetap memperlihatkan berada di tempat urutan keempat pada klasemen atlet sepeda MotoGP 2024 dengan mengemas nilai 192, namun sekarang tertinggal 83 poin dari Francesco Bagnaia. Ia juga terpaut 22 poin pada belakang peringkat ketiga Enea Bastianini, atlet sepeda yang akan ia gantikan dalam pasukan pabrikan Ducati musim depan.

CRASH | MOTOGP

Related posts

Leave a Reply