Nova akan rotasi pemain Indonesia U-17 lawan India

Nova akan rotasi pemain Indonesia U-17 lawan India

Gianyar, Bali – Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto menyatakan akan merotasi pemain yang berlaga pada pertandingan persahabatan kedua melawan India di area Stadion Kapten I Wayan Dipta, Daerah Gianyar, Bali.

“Kami beri kesempatan pemain yang digunakan tidaklah tampil sebelumnya untuk merasakan uji coba internasional pertama,” kata Nova pada Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kota Gianyar, Bali, Selasa.

Pada pertandingan pertama Mingguan pekan lalu, Indonesia U-17 mengerahkan 11 pemain inti dan juga 13 pemain di tempat bangku cadangan.

Rotasi itu diharapkan memberikan waktu untuk pemain yang mana diturunkan pada laga terdahulu untuk melakukan pemulihan fisik.

Nova lalu mengevaluasi timnya dengan menyebabkan catatan mengenai komunikasi antar pemain di dalam lapangan lalu menekan kesalahan sendiri.

Dia menekankan fokus pemain pada waktu mengatur ritme pertandingan sehingga bola tak lepas atau hilang dari penguasaan tim.

“Saya minta ke depan pemain banyak komunikasi lalu konsentrasi, fokus agar kejadian seperti itu tiada terjadi lagi,” katanya.

Nova mengaku mampu memetakan serta mencermati kinerja timnya dari laga uji coba itu, baik pada tentang teknik, taktik, kemampuan, maupun mental pemain.

Total 32 pemain menjalani uji coba pertandingan persahabatan melawan India U-17.

Pada pertandingan pertama, Garuda Muda menaklukkan India U-17 dengan 3-1 berkat gol Evandra, Fandi Ahmad Muzaki dan juga Mierza Firjatullah.

Uji coba di tempat Bali merupakan bagian dari pemusatan latihan Indonesia U-17 di menghadapi Kualifikasi Piala Asia AFC U-17 pada 23-27 Oktober 2024 pada Kuwait.

Pada kualifikasi itu, Indonesia berada di tempat Grup G bersatu Australia, Kuwait, dan juga Kepulauan Mariana Utara.

Setelah pemusatan latihan dalam Bali, Indonesia U-17 akan terbang ke Spanyol lalu Qatar untuk menjalani pemusatan latihan sebelum ke Kuwait.

Piala Asia AFC U-17 dijadwalkan berlangsung pada 3-20 April 2025 di tempat Arab Saudi. 10 juara grup lalu lima runner up bersatu tuan rumah Arab Saudi akan menjadi kontestan kompetisi ini.

Related posts

Leave a Reply