Marah-Marah Protes VAR, Mikel Arteta Bikin Malu Arsenal Deh!

Marah-Marah Protes VAR, Mikel Arteta Bikin Malu Arsenal Deh!

Bola Rakyat – Mikel Arteta tidak bisa menahan diri ketika protes soal kontroversi VAR di laga Arsenal kontra Newcastle beberapa pekan lalu. Kini, Arteta dianggap telah mencoreng nama besar klub.

Awal November 2023, Arsenal menyambangi Newcastle di St. James’ Park. Pertandingan berlangsung sengit, tapi pada akhirnya Arsenal harus mengaku kalah. Anthony Gordon mencetak gol semata wayang untuk kemenangan Newcastle (1-0), gol yang berbau kontroversi.

Read More

Wasit sempat mengecek keabsahan gol ini lewat VAR karena ada dugaan pelanggaran terjadi dalam prosesnya. Namun, pada akhirnya gol Gordon tetap disahkan.

Keputusan VAR inilah yang membuat Arteta geram. Dia bahkan mengklaim bahwa keputusan tersebut memalukan. Arteta heran bagaimana kesalahan seperti itu bisa terjadi di liga sekaliber Premier League.

Dihukum FIFA

Komentar Arteta memang pedas, seolah-olah ingin menuding wasit dan ofisial Premier League korup. Nah komentar semacam itu tidak bisa dibiarkan di Premier league. Baru-baru ini, Arteta pun dijatuhi hukuman oleh FA.

“Mikel Arteta telah didakwa melakukan pelanggaran FA Rule E3.1 menyusul komentarnya di wawancara media setelah pertandingan Arsenal lawan Newcastle United di Premier League, Sabtu 4 November.”

“Komentarnya diduga sebagai pelanggaran karena menghina ofisial pertandingan dan/atau merugikan pertandingan dan/atau mencemarkan nama baik pertandingan.”

Bikin malu klub

Belum jelas hukuman yang bakal diterima Arsenal dan Arteta. Namun, berkaca pada kasus-kasus sebelumnya, Arsenal mungkin harus membayar denda mencapai 20.000 pounds.

Kasus Arteta ini pun dibahas oleh mantan petinggi Arsenal, David Dein. Menurutnya, sangat disayangkan bahwa komentar Arteta justru mencoreng nama baik klub. Dein bahkan menyinggung bahwa Arsenal pun sulit menang andai gol itu tidak disahkan.

“Dalam 101 menit pertandingan, kami [Arsenal] hanya mencatatkan satu tembakan tepat sasaran, jadi Anda tidak bisa mengklaim tim layak menang. Begitulah adanya,” ujar Dein kepada talkSPORT.

“Ada proses yang harus dilalui untuk hal-hal semacam ini [keputusan kontroversial. Jadi yang dia [Arteta] lakukan sedikit tidak perlu. Itu justru mencoreng nama baik klub,” tandasnya.

Related posts

Leave a Reply